Senin, 18 April 2011

Mengulas Teknologi MORPH-tugas IMK

            Gema teknologi nano sebagai teknologi di masa depan telah menyedot perhatian yang luar biasa, terutama bagi dunia peneliti yang berlomba-lomba menciptakan teknologi terbaru yang super canggih, salah satunya ponsel dewasa ini. tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi, namun juga peranti multimedia dan fashion.Nokia meresponsnya dengan menciptakan Morph. 

           Sekilas tentang Nokia MORPH, Konsep ponsel masa depan itu dikenalkan pada 25 Februari lalu.Ponsel berwarna hijau tersebut terbuat dari materi yang fleksibel, bisa dilipat, atau dibentuk menjadi seperti sebuah gelang. Fleksibilitas materi itu membuat Morph dapat digunakan dalam tiga format bentuk.Pertama, bentuk lempengan, yakni Morph dapat digunakan sebagai input device melalui keyboard dan touchpad.Jika lempengan Morph dilipat tiga secara vertikal, alat ini akan berfungsi layaknya ponsel berformat candybar.Jika lempengan Morph dilipat tiga secara horizontal kemudian dibentuk melingkar, dapat digunakan sebagai aksesori yang mirip gelang.
            Untuk menggunakan gelang Morph layaknya ponsel, sisipkan wireless headset yang terintegrasi dengan lempeng.Permukaan Morph menggunakan materi bernama Nanoflowers yang halus dan licin. Sehingga, anti sidik jari, antikotor, antidebu, air, dan korosi.Materi ini juga mampu membersihkan dirinya sendiri.Permukaan Morph juga bisa berfungsi sebagai sumber energi untuk ponsel. Sebab, terdapat lapisan bernama Nanograss. Fungsinya, menyerap sinar matahari. Cukup letakkan Morph di bawah sinar matahari. Baterai pun akan terisi sendiri.Morph juga dilengkapi Nanosensor untuk mendeteksi keadaan lingkungan sekitar.Terdapat fitur yang bisa menganalisis kadar polusi udara.Serta proses bio-chemical terhadap benda-benda lain di sekitar kita. Misalnya, bakteri yang menempel pada makanan yang akan kita konsumsi.
           Berbagai Fitur canggih yang ditawarkan harus didukung dengan kualitas yang dapat menjamin ponsel ini tidak rentan terhadap kurasakan dalam jangka waktu yang lama, bila dilihat dari keunikannya yang dapat dilipat ataupun digulung layaknya gelang. Dilain sisi, ponsel ini dapat mempertahankan kecanggihan yang ada pada kondisi maupun iklim apapun sesuai keadaan sekitar dari faktor tingkat kelembaban maupun berada di ruangan yang minim cahaya sekalipun, sampai tingkat polusi udara yang berbeda di tiap belahan dunia untuk beberapa fitur yang ditawarkan seperti pengisian batrai dan mendeteksi bakteri pada makanan melalui udara tidak menjadi kendala yang akan dipermasalahkan kedepannya apabila Morph ini direalisasikan.

0 komentar: